Jumat, 08 Mei 2015

Engineer PT YEB

Sudah 8 Bulanan Saya menjadi seorang engineer di sebuah perusahaan electronics di daerah bintan kepulauan riau, menjadi engineer sebuah perusahaan electronics bukanlah passionku, mengingat saya tidak terlalu suka menjadi karyawan, tidak mencintai teknik dan electronics itu sendiri, namun beginilah hidup, kita harus tetap enjoy dan menikmatinya sembari belajar akan hal hal baru dan tentunya menyambung hidup dengan gaji yang kita peroleh. alhamdulilah

Seharusnya kalau menurut jurusan yang saya tempuh di kampus, saya seharusnya sebagai lulusan yang menjadi Guru di SMK Teknik Mesin Otomotif, mengingat saya adalah lulusan sebuah kampus pencetak pendidik yang sudah mahsyur di jawa timur. Namun kenyataannya saya malah menjadi seorang engineer di perusahaan electronics, sudah melenceng dari kodrat kuliahnya. Dan mungkin hanya beberapa mata kuliah yang terpakai saat dunia kerja ini.

Begitulah Pendidikan, kadang apa yang kita pelajari di dunia sekolah dan kampus tidak diperlukan dalam kehidupan sehari hari, namun dalam dunia pendidikan, kita banyak belajar, belajar mengatasi masalah, cara berfikir sistematis, sosialisasi dan kedisiplinan dan banyak hal diluar pelajaran sekolah atau kampus yang justru lebih penting.

Menjadi engineer di perusahaan ini susah susah gampang, setiap hari kita merencanakan apa yang harus kita lakukan untuk mengurangi defect pada proses, merawat menjaga mesin dalam performa terbaik, memperbaiki kalau rusak, mejaga kestabilan proses agar aman dan sesuai target perusahaan, menjalankan product baru, membuat visual manual untuk memudahkan proses, menganalisa kenapa terjadi defect saat produk, memberikan instruksi agar defect serupa tidak terjadi lagi, memonitor apa saja yang sudah kita lakukan, melakukan apa apa permintaan costumer yang aneh aneh dan banyak hal detail detail yang sering dikerjakan dll.

Namun ada saja orang yang tidak memahami proses kerja engineer mengumpat ngumpat dan mengejek, “apa sih kerja engineer itu” . iya, saya baru tahu didalam dunia kerja, rasa iri hati manusia dalam tiap tiap proses dan jabatan pasti ada, mengingat mungkin mereka yang berfikir iri hati merasa lebih bekerja keras dibanding yang mereka bicarakan. Iya beginilah dunia kerja, saya baru didunia kerja dan baru tahu kondisinya seperti ini.

Walaupun begitu, masih banyak orang orang yang berfikir positif dan menaruh rasa hormat kepada engineer yang benar benar bekerja dengan tulus, semangat dan niat membantu proses agar berjalan aman dan sesuai target. Iya intinya didalam bekerja, tidak semua orang berfikir positif kepada kita atau apa yang kita kerjakan namun banyak pula yang positif thingking. Sama kayak setiap kita membuat status yang mungkin niat kita memotivasi, namun ada saja orang yang mengira status status kita bernada sombong dan membanggakan diri.

Inilah hidup, Hitam Putih, Baik Buruk, Plus Minus Dll. Enjoy your life, Nikmatin dan Teruslah belajar.

Related Posts

Engineer PT YEB
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.