Rabu, 07 September 2016

Apa Sih Enaknya Kuliah Di Kampus Keguruan

Kali ini aku mau ngebahas soal keuntungan kalau agan agan kuliah di kampus keguruan. Oya aku dulu kuliah di salah satu kampus keguruan paling ngehits di surabaya yaitu Universitas Negeri Surabaya disingkat UNESA, yang dulunya adalah IKIP Surabaya. ini juga merupakan tulisan kaskusku udah agak lama. aku pindahin satu persatu di blogku ya.. hehe harap maklum


1. Mahasiswanya Pinter Pinter
Survei kecil kecilanku di SMAku dulu adalah anak yang rajin, pinter di kelas and juara kelas justru memilih kuliah di kampus keguruan dibanding kuliah di kampus non keguruan yang udah ternama. Mungkin karena faktor orang tua mereka juga guru. Akupun lihat dan ngalamin sendiri banyak lulusan terbaik dan menurutku top markotop di SMA milih kampus keguruan. Dan rata rata mereka yang pinter ini masuk lewat jalur yang reguler. Kalau gak PMDK ya SNMPTN. Kalau sekarang namanya udah jadi SNMPTN or SBMPTN. So walaupun gaung prestasi kampus keguruan n akreditasinya kalah ama kampus non keguruan. Tapi mahasiswa didalam kampus keguruan juga keren keren kook.

2. Biaya Kuliah Murah
Ini ane alamin waktu dulu kuliah di UNESA. Ane dulu karena masuk reguler biaya pendaftaran ane 4.961.000 rupiah. Kawan ane masuk di kampus negeri non keguruan biayanya sampe 10jutaan lebih. Woooow 2x lipat gan. Lalu bandingin juga ama biaya semesteran. Ane dulu Semesteran cuma bayar 557.500 untuk bayar per semester. Dibandingkan temenku non keguruan angkanya bisa 900.000an ke atas bahkan sampai jutaan per semester.


3. Pengalaman Banyak
Maksudnya pengalaman banyak ini gini gan. Ane kan anak teknik di kampus keguruan. Jadi gelar ane S.Pd dan harusnya ngajar anak anak SMK gitu. Tapi ane malah kerja di industri. Hehe Nah di kampus, kami anak anak teknik walaupun keguruan juga ada Praktek Industri, kita magang di perusahaan. Ada juga PPL, Praktek pengalaman lapangan. Kita belajar jadi guru selama 2bulanan gitu. Dan tentunya ada KKN. Jadi selain kita belajar jadi guru, kita juga belajar langsung di industri.

4. Peluang Kerja Luas
Ya seperti yang ane sebutin sebelumnya, kita selain ada magang jadi guru kita juga ada magang di industri. Sehingga saat kita lulus ada banyak pilihan job. Yang pertama kalau mau jadi guru bisa. Jadi non guru and masuk industri juga bisa kok gan. Bisa banget malah asal punya skill, mental dan keberuntungan juga. Dan banyak juga setelah lulus mereka berwirausaha sesuai jurusan yang digeluti. Misal anak mesin otomotif buka bengkel, anak tata busana buka butik, anak elektro bikin warnet n service laptop. Banyak lah pokoknya.


5. Tugas Yang Diberikan Dosen Tidak Terlalu Susah
Ini juga keuntungan gan masuk jurusan teknik yang keguruan. Tugas tugas yang diberikan dosen relatif standard, gak bikin ribet and pusing kepala kok gan. Masih bisa diatasi gitu. Dan kebanyakan hanya buat makalah atau presentasi biasa. Karena biasanya untuk melatih kita cakap ngomong dikelas biar saat jadi guru kita enak menjelaskan kepada murid murid kita. 


6. Prakteknya Juga Banyak
Jangan dikira kalau anak teknik yang kuliah di kampus keguruan itu gak ada prakteknya. Ada loo dan itu prakteknya mulai dari basic sampai Dalem dan bermacam macam mata kuliah biasanya ada praktek nya. Misal dulu ane ada praktek pengecatan, bongkar mesin, spooring n balancing, AC mobil dll banyak lah pokoknya. Karena emang kita pada dasarnya dicetak jadi guru makanya kita harus nguasai materi buat kelak jadi guru.  


7. Diajarin Banyak Hal
Karena pada dasarnya kita lulusan yang dicetak untuk menjadi guru yang profesional dikemudian hari, maka kita juga diacarin banyak hal tentang keguruan. Mulai dari Rancangan Pembelajaran sampai Psikologi pendidikan So selain ilmu teknis yang kita dapat. Kita juga bisa mendapatkan ilmu ilmu mengenai kepribadian atau psikologis yang sangat berguna buat kehidupan sehari hari kita. 

8. Skripsi Banyak Pilihan
Biasanya kalau kuliah di teknik susah lulusnya. Kalau kita anak teknik namun di kampus keguruan. Bisa kok lulus 3,5 tahun. Bisa banget malah asal management pengambilan SKS sudah diatur sejak awal awal. Nah pas skripsi kayak gini kita bisa memilih judul skripsi yang pendidikan ataupun teknik, seperti bahas tentang pendidikan yang efektif, mengurangi emisi gas buang pada mobil, performa mesin jika dikasih catalytic concerter, bahan bakar air ataupun mekanika fluida dll. Pokoknya variatif dan banyak pilihan 

Sekian dulu dariku, semoga sedikit nambah variasi pilihan buat adik adik yang mau kuliah dan bingung milih kampus mana.

Related Posts

Apa Sih Enaknya Kuliah Di Kampus Keguruan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.