Kamis, 16 Februari 2017

Cara Mengatur Biaya Pesta Pernikahan


Yooo,, Assalamualaikum Wr Wb ketemu lagi dengan saya mas Dany Tri Kusuma Alias Tri Kusuma Wardani Alias Sutan Makmur. Hehe oh iya, buat info kalian semua. kalau kalian menikah dengan cewek padang atau orang sumatera barat, maka anda akan mendapatkan gelar Sutan. dan nama gelar saya Sutan Makmur. so kalian kalau ketemu aku di Padang Bisa panggil aku dengan Sutan Makmur.

Secara Harfiah dan kenapa kenapanya saya pribadi kurang memahami. coba googling aja di tempat yang lain. Ahaaay.

Karena kali ini saya mau menulis tentang cara mengatur biaya biaya pesta pernikahanku yang menggunakan adat sumatera barat. namun mohon maaf kalau kurang detail, Kapan kapan aku perbaiki tulisanku sedetail mungkin.

For Your information, Foto paling atas menggunakan uang koin yang ditumpuk dan dikasih siluet gambarku dan istriku. itu salah satu mahar yang saya berikan pada istriku.

Langsung saja kita bahas cara yang pertama mengatur biaya pesta pernikahan adalah : 

1. Pastikan Kalian Punya Tabungan :
Yooi coy tabungan ini sangat membantu kita saat ada biaya biaya pernikahan. so sebelum mengatur apa apa saja yang dibutuhkan dalam pernikahan mendingan kita persiapkan diri dengan menabung atau berinvestasi biar gak terlalu kaget dengan biaya biaya yang woow.

Saya menyarankan kalau gak tabungan rencana di bank bank konvensional atau reksadana pasar uang atau reksadana pendapatan tetap gan. Deposito juga boleh juga

2. Beli Mahar Dan Cincin Tunangan Dulu
Mahar Nikah beli aja gan duluan. Biar keuangan aman saat pernikahan, kira kira ambil aja budget mahar 3juta dan cincin 3juta rupiah. so menabung 6 juta rupiah untuk keperluan mahar dan cincin. 

Kalau pengalamanku sih, aku beli cincin dulu, aku lupa harganya pokoknya sekitaran 3juta buat persyaratan tunangan gitulah pokoknya. nah jarak tunanganku dan nikahku itu lumayan gan, yaitu 6 bulan, so ada jeda waktu nabung lagi buat persiapan nikah

3. Atur Biaya Bersama Pasangan
Alhamdulillah juga aku dapat istri yang pinter ngatur biaya pernikahan walaupun memang sedikit membengkak namun masih maklum sih.

Cari WO kalau gak mau repot kayak aku, karena posisiku dan istri waktu itu di Batam, Pesta pernikahan kita di Bukittinggi Sumbar. so memang lebih mudah memakai jasa WO biar gak repot nantinya. 

Kalau boleh jujur sih habisnya sekitaran 80jutaan buat pesta nikah di Bukittinggi maren kalau gak salah sih, karena memang tetek bengeknya banyak juga. Dan hasilnya bagus banget soalnya. Saya nikah pada tanggal 4 Februari 2017 di Masjid Raudhatul Jannah Gulai Bancah Bukittinggi dan pesta nikahnya tanggal 5 Februari di Hotel Dymens Bukittinggi.

Keren lah pokoknya coy, namun sayang video dan foto belum selesai dari tukang fotonya, ntar kalau sudah selesai bakal aku upload di FB n IG Fotonya. Videonya di Youtubeku. oke gaan

Ni yang bawah adalah salah satu jepretan saat pesta nikah di Bukittinggi. 

4. Prewedding Sama Temen Sendiri Aja
Kalau aku sih Prewedding gak terlalu penting karena ya cuma foto foto berdua pun aku sama istriku sering foto.hahaha Lagian akupun ngedit sendiri biasanya walaupun hasilnya standar juga sih.hehe

Ini ada 2 Video Prewed dari diriku dan istriku. Tonton aja buat referensimu kalau nikah nanti, atau mau aku buatin video juga boleh kalau mau. hahaha


5. Nyicil Beli Rumah Buat Rumah Tangga
Iya, kalau kalian mau nikah dan punya planning mau nikah saya menyarankan juga nabung rumah, ini yang paling penting soalnya. menurut saya pribadi pun lebih penting beli rumah daripada nabung pesta nikah. Namun kalau bisa dua duanya kenapa tidak kan.

Saya barusan buatin Podcast Ngalor Ngidul bahas Tips Nikah ini.. wookeeeh

Yasudah mungkin sekian dulu dari saya, kalau ada salah salah kata. mohon dimaafkan yaa. dan sampai ketemu lagi dengan saya di artikel yang berikutnya

Related Posts

Cara Mengatur Biaya Pesta Pernikahan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.