Senin, 26 Desember 2016

Pertanyaan Yang Sering Muncul Kalau Kita Hidup Di Batam

Tulisan Lama Di Kaskus Di Sundul Lagi

Prolog
Selamat pagi gan, kembali lagi bersama ane TS Dany Tri Kusuma. Oya ane mau bilang sejak tahun baru kemarin, januari 2016 ane udah resmi pindah kerja dan sekarang menetap di kota batam. Jadi ane gak di Bintan lagi. Ane bekerja disalah satu perusahaan perkapalan yang berbasis di swedia. Dan kayaknya bulan depan mau ke swedia, so tunggu ajha thread ane mengenai swedia.. 

Dikesempatan ini ane mau ngebahas tentang Kalau agan n sista merantau di kota batam, agan akan mendapatkan pertanyaan pertanyaan sebagai berikut.. :




1. Pertanyaan tentang Hape Murah.
Pertanyaan " Dan, dibatam Hape kan murah murah, coba cek toko ini bla bla bla..? Nah pertanyaan ini akan agan dapatkan kalau agan merantau di kota batam. 

Wajar ajha sih teman teman agan akan nanya gini ke agan, karena emang dibatam nih ga ada pajak buat barang masuk keluar negeri, tapi kalau dari batam mau kirim ke seluruh indonesia bayar lagi, sama ajha boong sebenarnya..

Pengalaman ane kirim laptop ke daerah jakarta bisa itu via pos kena biaya 330.000 an kalo gak salah, harga via pos sama di tiki sekitaran segitu. Tapi pas ane tanya di jasa pengiriman lain bisa sampai 800ribuan loo, untuk 1 laptop soalnya harus bayar pajak lagi, bayat ini itulah dll.

2. Pertanyaan Tentang Pekerjaan.
Kayaknya gak dibatam ajha yang bakalan nanya gini, pertanyaan " Dan, ada lowongan gak di batam, batam kan banyak PT.? . Pertanyaan teman teman agan ini juga ada benarnya karena di batam ini tempat perindustriannya banyak banget..

Yang saya tahu di batam banyak banget, contoh ada Batamindo industrial park, Panbil Industrial park, Cammo Industrial Park dll banyak banget pokoknya. Makanya di kota batam ini bisa disebut kota perantauan karena bakalan lebih banyak orang luar batam daripada penduduk asli kota ini.

3. Pertanyaan soal Singapore.
Pertanyaan " Dan harga tiket ke singapore berapa dari batam? Dan, di singapore ada apa ajha?. Nah pertanyaan ini juga sering muncul jika ada teman agan dari jawa atau mana yang mau berlibur ke Singapore tapi lewat batam.

Ya emang wajar ajha sih karena emang deket banget Singapore dan batam, cuma naik speedboat ajha 1 jam udah nyampek. Oya ane mau cerita juga nih gan, bulan februari maren ane kesingapore beli tiket Pulang pergi naik speedboat harganya 420.000 rupiah, kemarin saya ke Singapore harganya udah naik drastis jadi 470.000 rupiah. Ngeri ngeri sedap kan naiknya. Pokoknya kalau mau liburan dana daruratnya di sediakan buat jaga jaga ya gan.

4. Pertanyaan tentang Gaji Besar.
Ini udah pasti bakal ditanyain. "Dan, Kerja di batam gajimu besarlah pasti. Iya kan..? . pertanyaan ini didasarkan mungkin dulu orang juga banyak merantau ke kota batam dan rata rata sukses. 

Pertanyaan ini juga agak beban buat ane perantau pemula, karena anggapan keluarga dikampung pasti banyak duit. Hehe padahal ya sebenarnya standard ajha, tapi tetep bersyukur masih bisa nabung, makan dll. 

So kalau boleh jujur emang dibatam ini gajinya lumayan gede untuk ukuran ane yang baru lulis kuliah 2 tahunan. Cukuplah buat nabung nikah, nabung beli rumah yang murah dan buat makan. Yang penting happy selalu.

5. Pertanyaan soal FTZ atau bebas pajak.
Iya pertanyaan. " Dan, batam kan FTZ Free Trade Zone, jadi murah lah barang barangnya semua disana dll..? Iya pertanyaan ini juga sering dilontarkan teman teman kita di kampung sana.

Emang bener sih di batam sini berlaku FTZ atau Free Trade Zone yaitu zona bebas pajak. tapi secara pribadi ane gak merasakan adanya perbedaan FTZ maupun non FTZ, bahkan ada beberapa kebijakan yang menurutku gimana gitu, Kalau kita beli rumah disini jarang sekali yang sertifikatnya SHM, kebanyakan SHGB. Gpp sih sebenarnya, namun kalau kita punya rumah dengan sertifikat SHM itu kan lebih aman dan enak gitu daripada SHGB. 

Lalu dulu ane kira karena FTZ jadi semua bebas pajak, ternyata gak juga beli makanan di mall atau indomerit n alfamerit juga dikenakan pajak. Jadi secara individual gak ada pengaruhnya FTZ atau non FTZ. Cuma yang paling keliatan bedanya kalau beli mobil atau barang electronic ajha sih menurut ane.

6. Pertanyaan soal barang second Singapore.
Pertanyaan. "Dan bisnis yok kita, bisnis barang second Singapore kan banyak di batam tuh, ente yang milih n ngirim kesini and ane yang jual..? Yap ini juga sering dilontarkan ama teman teman kita.

Pokoknya yang berbau barbau barang second dari luar negeri and ditampung di batam untuk jual lagi itu banyak yang murah dan masih bagus rata rata, maka tak heran di batam sini banyak sekali pasar pasar second berada, ada mulai dari kasur, alat dapur, alat rumah tangga sampai alat electronic dijual di pasar dengan harga bersaing.

7. Tanya soal Galangan kapal.
Dan, dibatam galangan kapalnya banyak banget ya..? Iya ini juga sering ditanyakan ama teman teman ane. Emang bener di batam ni banyak banget perusahaan perkapalan entah itu galangan, subcon, suplier dll. 

Saking banyaknya perusahaan galangan kapal, ntar kalau dijalan raya batam pasti agan akan menemui orang naik sepeda motor berbusana pekerja galangan kapal. Dulu tahun 2000an kata teman saya yang udah senior disini bilang batam rame bangeet malah, pekerja digalangan kapal buuuanyak pokoknya, sekarang udah mulai sepi sepi lagi. 

Tapi kata Bos ane dari singapore, bulan bulan november tahun ini galangan kapal di batam akan bergairah kembali karena presiden jokowi mendukung perindustrian galangan kapal naik lagi. Kita tunggu ajha..

8. Tanya soal jembatan Barelang
Dan, jembatan barelang keren gak? Jauh gak dari bandara? Ni pertanyaan yang terucap kalau ada teman agan main ke batam.

Kalau menurut aku sendiri, Jembatan barelang thu udah keren banget, tapi banyak orang yg berhenti di tengah jembatan lalu nongkrong disana, hal ini kan menimbulkan kemacetan yang luar biasa kalau dihari libur. Pernah ane ke pantai melur ama kawan kawan standup comedy indo Batam, beuh pas nyampe jembatan barelang satu macetnya wooow banget gak karu karuan..

So kalau ada pemerintah dan pengunjung kembatan barelang baca nih thread, jangan nongkrong dijembatan yaa,, kena angin kecebur ntar.hehe kalau cuma foto jepret jepret and pergi ga masalah thu. And buat pemerintah daerah batam, buatin lah tempat PKL buat mereka yang jualan di pinggir jalan, karena mengganggu aktivitas pejalan kaki maupun pengendara motor maupun mobil soalnya muuacet kalo hari libur, gimana gak macet parkir motor n mobilnya di samping jalan..

Penutup :
Yah mungkin sekian dulu thread ane, ini ane ngethread pake hape. Ntar kalau di laptop ane bagusin dikit.. Hehe Makasih yang setia membaca thread thread ane, tunggu thread ane selanjutnya mengenai apapun. Terimakasih yang udah baca, koment baik, rate 5 dan ngasih cendol. Thanks 
Kalau mau lihat foto fotoku di Instagram ku
Dan Channel Youtubeku --> www.youtube.com/danytrikusuma

Related Posts

Pertanyaan Yang Sering Muncul Kalau Kita Hidup Di Batam
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.