Selasa, 27 Desember 2016

Serba Serbi Bojonegoro Yang Kalian Harus Tahu

Kembali Lagi Di Tulisan Kaskusku... :D Yooooii

Prolog
Pagi gan. Ketemu lagi dengan ane TS Dany Tri Kusuma yang Mirip ama Vino G Bastian.. Hehe. Gini gan, kali ini ane mau ngebahas soal Bojonegoro kampung kelahiran ane.. Banyak yang belum tahu Bojonegoro kan soalnya..



Oya ni ane ngethread pakai Hape. Jadi maaf kalau agak jelek thread ane. Besok kalau di laptop agak ane bagusin dikit

Thread kali ini mau ngebahas soal Bojonegoro dan seisinya yang kerenlah pokoknya. Pasti gak repost soalnya ni tulisan ane pribadi. Langsung ajha tanpa basa basi. Cekidot :

1. Letak Bojonegoro

Letak Bojonegoro Sekitar 100 Km kebarat dari Kota Surabaya. Bojonegoro diapit oleh banyak kabupaten antara lain Lamongan, Tuban, Ngawi, Madiun, Blora dan Nganjuk. Luas Kabupaten 2.384,02 km2. Total penduduk 1.472.805 jiwa (2014). Kepadatan 617,78 jiwa/km2. Ada 28 Kecamatan, 11 Kelurahan,
Dan 420 desa. (Wikipedia)

Jadi dulu kalau ane mau balik kuliah ke Surabaya mesti melewati kota lamongan, Gresik dan Surabaya. Ya sekitar 2 jam sudah nyampe karena saya posisi rumah di Bojonegoro yang paling timur dekat perbatasan Lamongan. Tepatnya di desa Pasinan Kec Baureno, tu Rumahku gan.

2. Cerita Angling Dharma
Masih inget cerita Angling Darma yang pernah ditayangin di salah satu TV nasional gan. Itu asalnya dari Bojonegoro looh.

Kalau tidak salah, Prabu Angling Dharma sendiri hidup pada sekitar tahun antara 1200 sampai 1300 an masehi. Prabu Angling Dharma menjadi salah satu tokoh legandaris di pulau Jawa tentang pemimpin yang gagah, berwibawa, sakti mandraguna dan dicintai rakyatnya. Sakti untuk kebenaran dan kepentingan rakyatnya, bukan untuk kepentingan dirinya sendiri

3. Bojonegoro Kota Minyak

Iya menurut penelitian Minyak di Bojonegoro mencapai angka 650 Juta Barel lebih. Wah banyak lah pokoknya. Itu kalau dibuat Waterboom bisa juga kayaknya renang disana.Hehe pokoknya buanyak bahkan bisa jadi andalan negara Indonesia untuk cadangan migas.

Tapi ane sendiri orang Bojonegoro asli tidak merasakan adanya keuntungan dengan adanya minyak disana. Infrastruktur masih gitu gitu aja dan lain lain. Dan lapangan pekerjaan untuk migas bagi anak anak asli Bojonegoro kurang. Atau hanya dikuasai segelintir orang orang dalem. #Noofensse

Ya semoga dengan Thread ini ntar Pertamina atau PetroChina atau Exxonmobil yang menguasai minyak Bojonegoro membuka lapangan kerja yang banyak bagi warga warga sekitar.. Atau ngasih sumbangsih pendidikan atau apa kek ke warga sekitar. #Salamdamai

4. Bupati Bojonegoro
Beliau akrab di panggil Kang Yoto. Sering masuk TV juga nih kang yoto. Pernah di mata Najwa, hitam putih dan banyak lainnya. Keren sih emang Bupatiku ini. Pinter juga keliatan dari cara pandangan dan berpikirnya beliau. Ane bukan endorse dia tapi ya kenyataannya gitu.

Masih inget dulu waktu kampanye awal banget sebelum beliau menjabat Bupati Bojonegoro. Beliau ama teamnya jauh jauh hari kampanye dengan hal positif yaitu voging dan ngasih bubuk Abate di desaku ini. Dan beliau nyebar tulisan kalo gak salah kalo beliau jadi Bupati tahun pertama akan bangun ini itu ini itu. Jelas banget anggaran dan mau ngapain.

Keren laah pokoknya. Semoga ane bisa ngikutin jejak beliau dan syukur syukur suatu saat malah nerusin beliau jadi Bupati Bojonegoro Masa depan.amiiiin

5. Persibo Bojonegoro

Yaa kita punya klub sepakbola kebanggaan yaitu Persibo Persatuan Sepakbola Bojonegoro. Stadion kebanggan kita yaitu Stadion Letjen Hj Sudirman yang woow banget..

Persibo pun pernah masuk ajang AFC cup di Asia soalnya juara piala Indonesia. Tapi hasil di AFC cup memalukan.Haha tapi tetep kereeen dong. Dulu waktu masih divisi utama persibo kerap menyulitkan bahkan mengalahkan klub klub besar kayak persik Kediri dll. Bahkan sempat punya sebutan The Giant Killer

Pemain kelas atas Indonesia yang merupakan didikan asli Persibo adalah Samsul Arif. Kecil kecil cabe rawit dia.. Hehe sukses selalu yoo mas Samsul kalau kamu baca ini

6. Boromania
Sebutan buat pendukung Persibo adalah Boromania. Dengan lambang Naga dan warna kebanggaan Orange lalu ada putih juga.

Dulu ane sering nonton bareng ama kakak ans yang pertama Mas Bowo naik Vespa yang dicat orange. Jadi kangen masa masa ini.haha pernah ane dulu kalau mau masuk stadion manjat tembok karena penuh sekali dan pakai trik yaitu masuk bareng bapak bapak biar dikira penjaga tiket anaknya. Hehehe

7. Wisata Khayangan Api
Inilah wisata yang paling terkenal yaitu Khayangan api. Ya cuma api ajha sih. Cuma apinya gak bisa padam. Dulu PON Jatim kayaknya ambil apinya dari sini deh.

Disebelah ini ada juga banyu blukutuk. Yaitu airnya ngeluarin gelembung gelembung kecil. Dalam bahasa Jawa disebut blukutuk blukutuk.. Hehehe

8. Bendungan Gerak Bojonegoro
Di Bojonegoro juga ada bendungan gerak gan tepatnya di kecamatan Kalitidu.

Tapi karena ane belom pernah kesini. Hehe jadi ane gak bisa cerita banyak soal ini. Tapi kereeen kook disini. Main main ajha kesini kalau ke Bojonegoro..


9. Ledre Khas Bojonegoro
Oleh oleh khas Bojonegoro ya ini gan. Ledre Bojonegoro. Kayak kue gapit gitu sih. Silahkan dicoba dan dibeli kalau mampir kesini. Hehe

Di kota Bojonegoro dan daerah barat Bojonegoro banyak yang jual jajanan ledre ini.

10. Bahasa Cah Jonegoro
Disini juga banyak yang unik yaitu bahasa kita gan. Banyak bahasa kita yang beda dibandingkan bahasa bahasa tetangga kabupaten kita.

Kalo suroboyo memperkenalkan dirinya ke orang lain kan gini. Aku arek Suroboyo. Kalau anak Bojonegoro. Aku Cah Jonegoro. Hahaha

Adalagi. Matoh, Genyo, Goem, Matamu jadi matanem dll. Pokoknya Cah Jonegoro pancen Ngeten poool..

Penutupan dan Pesan
Sekian dululah dari ane Dany Tri Kusuma, semoga dilain kesempatan bisa bikin thread lagi yang lebih woooww dan spektakuler. Jangan lupa Visit Bojonegoro yaaa..hahaha

Ane udah setahun lebih gak pulang kampung. Jadi kalau ada anak kaskuser Bojonegoro update ajha dibawah beserta fotonya ya. Ntar ane masukin page one.

Karena ini ngethread pakai hape jadi mungkin masih banyak kekurangan..Terimakasih udah shared, Rate atau bagi cendol jangan lupa mampir di thread ane yang lain.
My Thread Klik Kumpulan Thread Dany Tri Kusuma

Kalau mau lihat foto fotoku di Instagram ku


Kalau mau berkunjung lihat Youtube n kenalan lebih dekat ama TS yang mirip Vino G Bastian.


Related Posts

Serba Serbi Bojonegoro Yang Kalian Harus Tahu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar